HEADLINE NEWS


PT. SPM Kelola SDA dengan Metode Ramah Lingkungan dan Berdayakan Masyarakat Setempat.

 



SANGGAU, ARWANANEWS- Keterdapatan potensi sumber daya mineral mempunyai peran strategis untuk mempercepat laju pertumbuhan pembangunan di Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat.

Pengelolan potensi sumberdaya mineral yang dieksploitasi tentu mempunyai tantangan yang cukup berat karena pada wilayah izin Usaha pertambangan terdapat potensi sumber daya alam lainnya seperti kehutanan, kawasan pertanian dan kelautan.

Mengoptimalkan potensi sumberdaya mineral diperlukan kajian lingkungan hidup strategis untuk menentukan arah kebijakan pengelolaan kegiatan pertambangan sehingga diharapakan dapat meminimalisirkan potensi pencemaran dampak negatif lingkungan. 

Pengelolaan sumberdaya mineral juga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi sektor lainnya, sehingga mempercepat laju pembangunan daerah disamping meminimalkan potensi dampak lingkungan sehingga manfaat dari sumberdaya mineral dapat dioptimalkan. 

Oleh karenanya perlu menentukan arah kebijakan pengelolaan potensi sumberdaya mineral di Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat yang berwawasan lingkungan.

Salah seorang Tokoh Masyarakat di Desa Biang Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau, ( Suhardi ), berharap bisa melihat sisi positif dari kehadiran perusahaan tambang ini. Ia mencontohkan kehadiran PT. Satria Pratama Mandiri (PT.SPM) sangat membantu peningkatan pendapatan untuk kehidupan warganya.

“ Kami bisa dapat nafkah untuk kehidupan sehar-hari, bantuan makanan bergizi juga kami dapatkan, bahkan kami warga setempat bisa membuktikan bahwa aktivitas penambangan yang dilakukan PT. SPM masih ramah lingkungan. Jadi menurut kami apa yang dikatakan salah satu NGO pemerhati lingkungan tidaklah benar,” ujar Suhardi pada awak media ini pada Kamis, (06/06/2024).

" Sementara itu General Manager PT. Satria Pratama Mandiri, Yanto, mengatakan sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan minerba, PT. SPM, juga memperhatikan kepentingan masyarakat sekitar area penambangan dan sudah menjadi komitmen dari pemilik maupun direksi PT. SPM.

” Kami menginginkan banyak pihak dapat merasakan keuntungan dari apa yang kami kerjakan, tidak hanya pemerintah tapi juga masyarakat yang ada di sekitar lokasi tambang perusahaan,” ungkap Yanto.

Yanto juga menambahkan, bahwa sebagai bentuk perhatian pada masyarakat, PT. SPM sudah membuat sumur air bersih untuk 2 desa diantaranya 3 titik di Desa Inggis dan 2 titik di Desa Biang jadi total ada 5 titik sumur air bersih yang terealisasi, selanjutnya akan ditambah lagi beberapa titik di Desa Biang.

Selain itu PT. SPM juga turut memperbaiki jalan di dua kampung itu dan Kampung Inggis Tanjung.

Terkait dengan lingkungan, lanjut Yanto, pihaknya juga sudah mengantongi Izin Lingkungan yang diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintah Kabupaten Sanggau. 

Yanto mengklaim, dalam pelaksanaannya pihak perusahaan sudah memiliki rencana teknis untuk pengelolaan air limbah pertambangan dengan membuat kolam-kolam pengendapan untuk mengelola limbah pertambangan untuk mencegah pencemaran lingkungan.

“ Jadi, masyarakat dinilai tak perlu khawatir karena di dalam pekerjaan, pihak perusahaan pasti memperhatikan sektor-sektor lingkungan. Penambangan memang di sungai, tetapi untuk proses pengolahan emas berada di daratan sehingga tidak mencemari lingkungan,” tegasnya.

Menurutnya, pada tahap operasi produksi, pihak perusahaan juga telah membayar Jaminan Reklamasi dan Jaminan Pasca Tambang kepada pemerintah.

“ Tujuannya, jika perusahaan nantinya tidak mampu melaksanakan reklamasi dan pasca tambang, pemerintah sudah memiliki jaminan untuk memulihkan kembali fungsi lingkungan,” jelas Yanto.

Yanto mengharapkan eksplorasi dan eksploitasi penambangan emas di kawasan Tambang Emas PT.SPM mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Menurut Yanto, proses ekplorasi dan eksploitasi emas tidak hanya mempertimbangkan dampak lingkungan semata, tetapi juga harus memperhatikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

" Tambang Emas PT.SPM harus berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah konsesi. baik sejahtera dalam bentuk tingkat perekonomian, peningkatan kualitas pendidikan dan kehidupan sosial masyarakat," harapnya.

Lebih lanjut Yanto menyatakan, tujuan utama eksploitasi sumber daya mineral adalah untuk menyejahterakan masyarakat sekitar.

" Berdayakan SDM masyarakat sekitar. Keberadaan Tambang Emas PT.SPM juga memiliki tanggungjawab yang sama dalam menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang berdomisili di sekitar tambang," pesan Yanto.


( Bam's )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *