HEADLINE NEWS


Alpius Minta Betang Ensaid Panjang Dilestarikan


SINTANG-Anggota DPRD Sintang Alpius berharap Rumah Betang Ensaid Panjang, terus dilestarikan , rumah betang yang menjadi rumah adat suku dayak tersebut, haruslah tetap dilestarikan, ditengah saat ini modernisasi terjadi besar-besaran,katanya(2/11).

ia berharap rumah betang Ensaid Panjang, bisa menjadi contoh sebuah kerukunan masyarakat, yang penuh dengan keserhanaan dan gotong royong yang masih sangat tinggi, dan dengan kebersamaan tersebut bisa membawa keberkahan, keberuntungan dan kenyamanan bagi para penghuni Betang Ensaid Panjang,katanya.

Menurut salah seorang warga betang Sembai misalnya, meski sudah sangat tua kondisi rumah Betang ensaid Panjang sudah mulai ada yang rusak, meski beberapa tahun lalu juga sudah ada perehapan, termasuk penggantian atap rumah betang dan servis-servis kecil disekitar betang ensaid panjang,katanya.

Ia juga berharap, kedepan Pemerintah terus bisa memperhatikan kondisi Rumah Betang Ensaid Panjang karena ada beberapa bagian dari betang yang memang perlu diperbaiki, kami sangat emmerlukan sentuhan dan  bantuan dari Pemerintah dalam hal ini,ujarnya. 

Disisi lain, betang ensaid panjang merupakan salah satu destinasi wisata yang sering dikunjung baik itu wisatawan dalam maupun luar negeri, dan memang salah satu pintu atau lawang di betang itu kita siapkan untuk tama yang datang jauh yang ingin menginap dan ingin merasakan suasana betang bersama warga betang.dan kami sebagai warga betang tentu berupaya memberika servis yang terbaik untuk tamu-tamu yang datang ke Betang Ensaid panjang,bebernya.

Betang ensaid panjang menjadi salah satu ikon masyarakat Kabupaten sintang, dan merupakan tempat tujuan wisata baik lokal maupun nasional serta mancanegara, yang ingin melihat secara langsung kehidupan natural masayarakat dayak yang ada di di Kabupaten sintang yang masih menganut paham kebersamaan serta gotong royong, sangat nampak di mayarakat rumah betang ini.(master)


Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *