HEADLINE NEWS


Pastor Heribertus Peri, CP Pimpin Misa Perdana di Stasi Santo Stevanus Desa Bernayau

 





   SINTANG, ARWANANEWS-Gereja Stasi Santo Stevanus Desa Bernayau, Kecamatan Sepauk bersama pihak Panitia dan seluruh umat Katholik secara resmi mengadakan acara bersama dalam Rangka Perayaaan Misa Perdana Pastor Heribertus Peri, CP pada Senin (09/05/202)  pukul 09.00 wiba yang berlangsung di lapangan Rumah Adat Kenyalang Tukong yang dimulai dengan sesi acara Misa Syukur. 

   Pastor Heribertus Peri. CP, merupakan Imam Gereja Katholik Roma dari Kongres Pasionis Indonesia yang telah usai menjalani masa Diakonnya setelah ditahbiskan sebagai Imam Katholik oleh Uskup Mgr. Yulius Menccucini, CP. 

   Sebelumnya diketahui Pastor Heribertus Peri, CP telah ditahbiskan oleh Uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Yulius Menccucini, CP di Gereja Paroki Kristus Tersalib Naga Taman Kabupaten Sekadau pada Sabtu (30/04/2022). 

   Misa Syukur ini adalah merukapan Misa Perdana dimana untuk pertama kalinya Pastor Heribertus Peri, CP memimpin acara tersebut. Kedatangannya disambut secara adat oleh umat dan tokoh adat Desa Bernayau yang diiringi tarian. Pastor Peri juga didampingi oleh puluhan orang rombongan pastor, frater dan brudder yang ikut menghadiri acara Misa Perdana tersebut. 

   Misa ini tidak hanya diikuti oleh umat Katholik Desa Bernayau malainkan dari Desa-desa tetangga juga menghadiri acara ini bahkan umat dari Kabupaten Sekadau, Sanggau. Hadir juga selain umat Paroki Sepauk Kabupaten Sintang dan OMK serta para tamu undangan lain seperti Camat Sepauk Inocensius Ino beserta rombongan dan Para Kapala Desa tetatanga. 

   Mengawali Misa rombongan Pastor Heribertus Peri, CP diiringi tarian kolosal adat dayak sampai memasuki mimbar kehormatan dan kemudian memulai memimpin Misa Perdananya sampai selesai. 

   Dalam menyampaikan pesan Kotbah Pastor Heribertus Peri, CP sesuai dengan Motto Tahbisan " Jika Ya, Engkau Katakan Ya dan Jika Tidak, Engkau Katakan Tidak,  Lebih Dari Itu Berasal Dari Si Jahat "(Matius 5:37).

   Yang artinya bahwa " Jika Kamu Percaya Kristus, Jika Ya Katakan Ya, Jika Tidak Katakan Tidak, Sebab Bersumpah Itu Tidaklah Mudah dan Berjanji Takut Mengingkari, Bagi Tuhan Cukuplah Mengatakan Ya Bagi Orang Yang Percaya".

   "Ada nilai yang terkandung dalam kata-kata ini,  kejujuran, kebenaran prilaku dalam berkata apa adanya dalam arti mampu dilakukan di dunia. Karena sesuatu yang kita ucapkan adalah ucapan yang dipertanggungjawabkan,  jangan sampai kita ucapkan sumpah palsu, jika ya katakan ya, jika tidak katakan tidak, " ucap Pastor Peri. 

   Pastor Heribertus Peri, CP mengatakan bahwa karya panggilan yang saya terima ini adalah nilai sumpah dan janji yang melibatkan jamahan Tuhan dalam diri saya, yang berarti ada di dalam do'a semua orang dan tekad diri saya sendiri karena adanya hubungan Rohani dengan Tuhan, sikap rendah hati dalam do'a tetapi yang terpenting adalah saya percaya dengan panggilan do'a. 

 


 Lebih lanjut Pastor Peri menyampaikan,"Bahwa ketika dulu orang-orang biasa memanggil bang Peri atau Peri pada saat belum resmi jadi Pastor, namun sekarang setelah ditahbiskan sebagai Imam maka nama panggilan itu akan melekat dengan sebutan Pastor Peri, walaupun demikian saya juga adalah sebagai manusia biasa. Dengan menjadi Pastor tidaklah membuat kami menjadi malaikat karena kita adalah manusia bisa bersalah, oleh karena itulah saya meminta do'a dari seluruh umat agar karunia Roh Kudus menyertai kami agar setia sampai akhir hayat dalam pelayanan. 

   Dalam sesi yang berbeda Antonius selaku Ketua Panitia pelaksana acara ketika diwawancara mengatakan pihaknya merasa terhormat dengan kehadiran umat Katholik yang ikut merayakan Misa Perdana Pastor Heribertus Peri, CP di Desa Bernayau begitu antusias masyarakat menyambut kedatangan Pastor Peri dan para rombongan pastor lainnya yang ikut menghadiri Misa Perdana ini mengingat bahwa Pastor Heribertus Peri, CP adalah merupakan putra daerah Desa Bernayau. 

   "Kegiatan yang begitu besar ini merupakan dukungan semua masyarakat, baik moril maupun materil terutama para donatur CU. Keling Kumang, CU. BIMA dan juga ada beberapa Anggota Dewan serta para masyarakat yang telah berpartisifasi dalam mensukseskan acara ini, " pungkas Antonius. (MS) 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *