HEADLINE NEWS


Dalam Rangka Hari Kartini Wakil Ketua Komisi A Berharap Kaum Wanita Dapat Meneladani Sosok dari R. A. Kartini

 




SINTANG, ARWANANEWS- Peringatan Hari Kartini  yang Ke-144 adalah momen dan kenangan tersendiri khusus kaum wanita di masa penjajahan. Kini dengan usia 1 abad lebih kaum wanita di seluruh Inonesia sedikitpun tidak pernah melewatkan hari Lahir R. A. Kartini yang telah mengukir sejarah bangkitnya kaum perempuan. 

Sekikas dapat direnungkan kiprah sejarah wanita yang bernama lengkap Raden Adjeng Kartini Djojo Adhiningrat lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879. Kemudian pada tanggal 17 September 1904 Raden Adjeng Kartini atau juga biasa dipanggil Raden Ayu Kartini meninggal dunia dengan usia yang masih sangat muda yaitu 25 Tahun. Berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 108 Tahun 1964 pada 02 Mei 1964 R. A. Kartini merupakan salah satu Pahlawan Kemerdekaan Nasional dan ditetapkan setiap tanggal 21 April mempringati Hari Kartini. 

Berdasarkan data yang himpun cita-cita R. A. Kartini adalah mendirikan sekolah. Ia ingin mewujudkan perempuan yang maju, bebas, cemerlang, dan merdeka sama seperti kaum laki-laki yang dipersiapkan menjadi masa depan bangsa Indonesia dan kaum perempuan harus memiliki kesempatan yang sama. Hingga akhirnya ia sering disebut tokoh Emansipasi perempuan. 

Sesuai dengan cita-citanya tujuan peringatan Hari Kartini adalah untuk menghormati perjuangan R. A. Kartini untuk mewujudkan kesetaraan kesempatan antara laki-laki dan perempuan di era modern yang secara khusus terutama dalam bidang pendidikan dan secara umum kesetaraan gender di semua bidang.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabuapten Sintang yang juga sebagai  Wakil Ketua Komisi A, Maria Makdalena, S. H, M. H, mengajak kepada seluruh kaum perempuan khususnya di Kabupaaten Sintang untuk lebih berperan dalam mengisi kemerdekaan yang telah berlangsung selama puluhan tahun dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Maria Magdalena sebagai motivasi dan juga memaknai nilai-nilai perjuangan pahlawan Wanita Indonesia Raden Adjeng Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia pada hari Kartini ini, Kamis (21/04/2022).

“Saya menghimbau kepada kaum perempuan, khususnya di Kabupaten Sintang untuk bisa terlibat dalam mengisi kemerdekaan baik dibidang politik, pendidikan, kesehatan, pertanian, seni budaya dan lain sebagainya,” Terang Maria. 

Momen peringatan Hari Kartini ini, Maria menyampaikan bahwa,"Wanita dan laki-laki sebenarnya memiliki kesempatan yang sama untuk memiliki daya saing, terlebih dalam peran mengisi kemerdekaan di Bumi Pertiwi ini.

“Karena wanita dan laki-laki berhak memiliki kesempatan yang sama,” Terang wanita yang juga dikenal kerap tampil tegas dalam menyuarakan kepentingan-kepentingan sosial masyarakat tersebut.

Menurut Maria yang juga merupakan Legislator dari Partai Demokrat bahwa tantangan dan hambatan juga akan selalu ada dalam setiap upaya kaum wanita, saat mengambil bagian untuk mengisi kemerdekaan tersebut. Namun dirinya menyampikan, para wanita di zaman sekarang harus terus berusaha untuk menjadi maju dan berkembang.

“Tantangan bagi kaum perempuan akan selalu ada. tapi kita harus terus berusaha, yakin dan percaya kaum perempuan juga bisa maju dan berkembang. jangan pernah menyerah,” tegas Maria.

Dirinya berharap,"Kita khususnya kaum wanita hendaknya dapat meneladani sosok dari R. A. Kartini, sebagai salah satu dari wanita Indonesia yang tangguh dikala itu hingga jasa-jasa perjuangan dapat dikenang sepanjang masa.

“Seyogyanya kita dapat mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya banyak hal positif yang dapat dijadikan sumbangsih kita kepada negara dan bangsa Indonesia yang kita cintai ini,” harap Maria. (MS) 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *